Burung paruh bengkok,menggigiti ujung-ujung bulu nya sendiri

 

Burung paruh bengkok sering kali terjadi mengigiti bulunya sendiri dan yang digigiti hanya pada bagian ujung ujung bulu leher sehingga bulu bulu di bagian leher menjadi tidak rapi atau menjadi reges.

Para pakar burung paruh bengkok banyak yang mengatakan bahwa burung paruh bengkok ini sedang birahi, ada juga yang mengatakan burung ini iseng.

Para pakar burung paruh bengkok yang menyarankan agar burung tersebjut diberikan mainan sebagai pengganti gigiti bulu nya sendiri, misal nya dengan pemberian mainan dari kayu, atau mainan dari tambang rami, Namuin semua ini tidak menjadi arti untuk burung tersebut dan burung tersebut tetap saja menggigiti bulu bulu nya.

 

Kenapa burung paruh bengkok menggigiti ujung ujung bulu nya ?

Berdasarkan pengalaman omparrot menangani burung paruh bengkok yang menggigiti ujung ujung bulu bagian leher, ini disebabkan oleh adanya alergi, (kebanyakan terjadi pada burung kakaktua dan afgrey).

Alergi ini biasanya terjadi dikarnakan dari pakan yang diberikan, pakan yang membuat burung paruh bengkok alergi biasanya dari buah jagung (walaupun tidak semua burung akan menjadi alergi karena jagung tersebut.

 

Beberapa jenis burung paruh bengkok yang sering mengalami alergi karena jagung diantaranya adalah :

- Kakaktua jambul kuning.

- African grey / Afgrey.

- Macaw.

Jenis burung ini ada yang sangat sensetif terhadap alergi jagung, terutama pada burung jenis Afgrey, ada yang sampai mencabuti seluruh badan nya hingga habis sebadan, bila hal ini sampai terjadi ,maka untuk pengobatan sangat sulit karena akan menjadi penyakit berkepanjangan yang disebut flucker.

 

Saran :

Sebaiknya burung paruh bengkok tidak diberikan makanan jagung manis , selain untuk menghindari terjadinya alergi juga menurut omparrot sangatlah tidak baik untuk pencernaannya, karena burung paruh bengkok yang memakan jagung , kotoran nya banyak mengandung air, dengan demikian burung akan banyak kehilangan cairan elektrolit di dalam tubuh nya.

 

Demikian artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman Omparrot dalam menangani burung yang menggigiti bulunya sendiri, semoga artikel ini dapat berguna bagi para penghobi burung paruh bengkok.

 

Gading serpong
8 Juli 2020 : 16:20 AM
dibuat oleh: ANTONIUS WIJAYA

 

 

Dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain tanpa izin penulis dan menghilangkan nama penulisnya, apa bila terjadi pemindahan artikel ini harap tetap mempromosikan nama penulisnya terima kasih