Penyakit inflamasi atau radang tenggorokan pada burung paruh bengkok

 

Definisi radang (inflamasi)

Apa itu radang tenggorokan (faringitis)?

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi saat bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan sehingga membuat burung paruh bengkok merasa sakit saat menelan.

Faringitis akan membuat tenggorokan burung paruh bengkok terasa tidak nyaman. Biasanya kondisi ini menimbulkan sensasi rasa sakit atau panas, sehingga membuat burung paruh bengkok kesulitan makan dan menelan.

 

Penyakit radang (inflamasi) ini sering kali terjadi pada anak burung paruh bengkok atau juga pada yang remaja dan dewasa.

Ciri-ciri anak burung yang terserang radang tenggorokan biasanya memuntahkan kembali makanan yang diberikan, demikian juga pada burung yang remaja atau yang dewasa.

 

Cara untuk mengetahui yang sebenarnya bahwa burung paruh bengkok sedang terserang radang pada tenggorokannya,

Ambil senter dan buka mulut burung paruh bengkok dan kemudian senter, dengan demikian akan terlihat pada bagian tenggorokan burung berwarna merah matang dan biasanya radang ini bukan hanya pada tenggorokannya saja, namun berlanjut sampai di sepanjang kerongkongannya.

dengan demikian burung peruh bengkok akan benar benar merasa sakit yang luar biasa saat dilewati makanan yang diberikan oleh manusia.

 

Penyebab timbulnya radang pada tenggorokan burung paruh bengkok

*Pemberian makanan yang masih panas sehingga menimbulkan luka melepuh di tenggorokan dan kerongkongan.

*Membiarkan luka awal dengan tidak adanya pengobatan, sehingga menjadi peradangan yang hebat dan burung menjadi susah untuk menelan makanannya dan burung paruh bengkok memuntahkannya kembali karena merasakan sakit yang luar biasa di tenggorokan dan kerongkongannya.

 

Pengobatan radang (inflamasi) tenggorokan dan kerongkongan pada burung paruh bengkok,

-Berikan obat minum antibiotik yang bersifat general,

-Berikan obat anti inflamasi untuk meredahkan radang tenggorokannya.

-Pemberian obat cukup 2 kali dalam sehari selama minimum 6 hari agar luka benar benar sembuh.

 

Pada burung paruh bengkok yang telah adanya perubahan penyembuhan,biasanya burung paruh bengkok terlihat normal kembali pada saat pemberian makan serfta burng lincah kembali.

 

Demikian artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dalam pengobatan pada burung paruh bengkok, semoga artikel ini bermanfaat bagi para penghobi.

 

Gading serpong
7 Juli 2020 ; 01:48
Dibuat oleh: ANTONIUS WIJAYA

 

 

Dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain tanpa izin dan menghilangkan nama penulis, bila terjadi pemindahan artikel ini , harap tetap mencantumkan nama penulisnya terima kasih