masalah yang terjadi pada burung paruh bengkok

Burung paruh bengkok,menggigiti ujung-ujung bulu nya sendiri

 

Burung paruh bengkok sering kali terjadi mengigiti bulunya sendiri dan yang digigiti hanya pada bagian ujung ujung bulu leher sehingga bulu bulu di bagian leher menjadi tidak rapi atau menjadi reges.

Para pakar burung paruh bengkok banyak yang mengatakan bahwa burung paruh bengkok ini sedang birahi, ada juga yang mengatakan burung ini iseng.

Para pakar burung paruh bengkok yang menyarankan agar burung tersebjut diberikan mainan sebagai pengganti gigiti bulu nya sendiri, misal nya dengan pemberian mainan dari kayu, atau mainan dari tambang rami, Namuin semua ini tidak menjadi arti untuk burung tersebut dan burung tersebut tetap saja menggigiti bulu bulu nya.

 

Kenapa burung paruh bengkok menggigiti ujung ujung bulu nya ?

Berdasarkan pengalaman omparrot menangani burung paruh bengkok yang menggigiti ujung ujung bulu bagian leher, ini disebabkan oleh adanya alergi, (kebanyakan terjadi pada burung kakaktua dan afgrey).

Alergi ini biasanya terjadi dikarnakan dari pakan yang diberikan, pakan yang membuat burung paruh bengkok alergi biasanya dari buah jagung (walaupun tidak semua burung akan menjadi alergi karena jagung tersebut.

 

Beberapa jenis burung paruh bengkok yang sering mengalami alergi karena jagung diantaranya adalah :

- Kakaktua jambul kuning.

- African grey / Afgrey.

- Macaw.

Jenis burung ini ada yang sangat sensetif terhadap alergi jagung, terutama pada burung jenis Afgrey, ada yang sampai mencabuti seluruh badan nya hingga habis sebadan, bila hal ini sampai terjadi ,maka untuk pengobatan sangat sulit karena akan menjadi penyakit berkepanjangan yang disebut flucker.

 

Saran :

Sebaiknya burung paruh bengkok tidak diberikan makanan jagung manis , selain untuk menghindari terjadinya alergi juga menurut omparrot sangatlah tidak baik untuk pencernaannya, karena burung paruh bengkok yang memakan jagung , kotoran nya banyak mengandung air, dengan demikian burung akan banyak kehilangan cairan elektrolit di dalam tubuh nya.

 

Demikian artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman Omparrot dalam menangani burung yang menggigiti bulunya sendiri, semoga artikel ini dapat berguna bagi para penghobi burung paruh bengkok.

 

Gading serpong
8 Juli 2020 : 16:20 AM
dibuat oleh: ANTONIUS WIJAYA

 

 

Dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain tanpa izin penulis dan menghilangkan nama penulisnya, apa bila terjadi pemindahan artikel ini harap tetap mempromosikan nama penulisnya terima kasih

Penyakit flcker pada burung kakaktua

 

Plucker pada burnung paruh bengkok

Ada 2 kemungkinan penyebab plucker.


1. Bisa disebabkan oleh jamur kulit.
2. Bisa disebabkan oleh kutu tungau.

3. Bisa juga disebabkan karena alergi dari makanan nya.



Yang disebabkan oleh jamur kulit biasanya burung mencabuti bulu bulu kapasnya.

Yang disebabkan oleh kutu tungau, biasanya yang dicabuti adalah bulu bulu kasarnya.


Efek kutu tungau.

Burung kegatalan sangat luar biasa.
Dikarnakan.kutu kutu tungau masuk sampai kedalam tulang bulu bulu kasarnya.dan sampai juga ke akar pertumbuhan bulu kasarnya, juga pada bulu bulu kecilnya.
Dengan gatal yang luar biasa ini, sehingga burung merasa tersiksa.
Dengan merasa tersiksa ini, sehingga burung mencabuti bulu bulu nya untuk meringankan rasa tersiksanya dikarnakan gatal yang luar biasa. Bahkan burung bisa menggigiti kulit serta daging nya hingga luka sampai bolong.
Dengan mencabuti bulu bulu yg dihinggapi kutu tungau tersebut, dan si burung akan merasa nyaman, dikarnakan kutu kutu yang berada di tulang tulang bulu kasar nya ikut tercabut.


Burung paruh bengkok mempunyai rasa traouma yang tinggi.


Maka dengan tumbuhnya bulu bulu baru, siburung seolah olah merasakan:

BILA ADA BULU TERSEBUT DIA AKAN DISIKSA KEMBALI DENGAN GATAL YANG LUAR BIASA.
Sehingga saat tumbuh bulu bulu baru si burung mencabuti nya kembali.


SARAN:

Bila melihat parrot kesayangan anda, menggigiti dan mancabuti bulu bulu kasar sayap atau buntutnya,
Segerah periksa dan buka pada bagian dalam bulu sayap, maka akan terlihat tanda tanda warna coklat kemerahan pada tulang bulu, bahkan sampai berada di tempat bertumbuhnya bulu.


KUTU TUNGAU TIDAK DAPAT DILIHAT DENGAN MATA TELANJANG.


Bila sudah terlihat ada nya tanda tanda tersebut, segerah bersihkan kutu tungau ini dengan memandikan menggunajan obat kutu VOGEL ,mandikan 2 x dalam seminggu.

Bila burung sudah merasa nyaman dan tidak lagi menggigiti bulu bulu nya,

Jangan lupa, SEMPROT SEMUA AREA RUMAH ANDA, JUGA TANGKRINGAN ATAU KANDANG.

INGAT KUTU KUTU KELUAR DARI TANAH DISAAT PERGANTIAN MUSIM.



Demikian artikel ini dibuat oleh Omparrot,Semogah artikel ini bermanfaat bagi penggemar parrot.



Gading serpong 29 November 2018
Dibuat oleh : Antonius wijaya.
 


Dilarang keras meng copy dan menyebar luaskan Artikel ini pada WEBSITE lain tanpa izin ,serta mengganti nama penulis.apa bila terjadi pemindahan artikel harap tetap mempromosikan nama penulisnya terima kasih

Penyakit jamur kulit pada burung paruh bengkok

 

Jamur di kulit burung kakaktua

Mengatasi jamur pada kakaktua

 

brosur obat pembersih jamur

 

PENYAKIT JAMUR KULIT PADA BURUNG PARUH BENGKOK


bulu berada pada kulit, selama kulit sehat bulu akan sehat.
penyebab burung kakaktua mencabuti bulunya, berdasarkan pengamatan di burung molu sy, pada permujaan kulit yg dicabuti bulu nya bermaslah.
masalahnya adalah ada 2 foktor.


1. faktor jamur yang berada pada kulit yang ditumbuhi bulu bulu halus dan bulu kasarnya. sehingga burung merasa gatal, krn jamur tbs berada pada pori pori tempat bertumbuhnya bulu sehingga dia mencabuti bulu nya.


2. faktor ketombe yang disebabkan oleh bekas sisa busah shampoo yg tidak bisa bersih saat yg melekat pada bulu bulu halus nya, saat pembilasan air.sehingga sisa busah shampoo menjadikan ketombe pada permujaan kulit burung dan burung je gatalan mancabuti bulunya.sebaiknya memandikan burung tidak menggunajan shampoo, krn bulu burung mengandung minyak sehingga kotoran tdk dpt melekat kuat pd bulu burung dan larut bl terkena air.
bl mau menggunakan shampoo hrs yg mempunyai PH rendah dan lebih rendah dari shampoo bayi unt PH nya, dikarnakan kulit burung sangat tipis .dan apa bila tdk cocok akan sangat menimbulkan IRITASI KULIT.

jalan pengobatan,
oleskan salep ketokonazole unt mrmbersihkan jamur atau ketombe disaat burung menggigiti bulu bulu halus, sebelum burung tersebut mencabuti bulunya lebih banyak lagi.
lakukan beberapa hari ssmpai kilit burung terlihat bersih dari jamur. dan jamur jamur rontok terlihat di kantai.

Faktor apa yang menyebabkan timbulnya spora jamur ?

timbulnya spora jamur biasanya disebabkan oleh adanya faktor kelembaban pada bulu bulu halus, terutama saat burung dimandikan dan bulu bulu halus tidak benar benar kering sehingga timbul spora jamur.

demikian sedikit masukan dari saya, semogah bermanfaat.

salam
web kesehatan burung paruh bengkok

Dibuat oleh ANTONIUS WIJAYA

gading serpong 21 mei 2020 jam 21:41

 

 

dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain tanpa izin penulis dan menhilanhkan nama penulis,apa bila terjadi pemindahan artikel ini harap tetap mempromosikan nama penulisnya terima kasih

Cara menyembuhkan anak burung paruh bengkok kakaktua yang selalu copot bulu nya sebelum selesai tumbuh

 

vitamin untuk pertumbuhan anak burung paruh bengkok 

 

Brosur vitamin Proactive

 

Brosur growth in bird

 

Brosur sakafo S3

 

 

Permasalahan pada burung paruh bengkok, terutama pada anak burung jenis kakaktua ,banyak terjadi pertumbuhan bulu bulunya pada copot sendiri dan darah didalam tulang bulu muda berubah dari darah warna merah menjadi berwarna hitam.

 

Darah berubah menjadi warna hitam ini dapat dilihat mulai dari sekitar ketiak burung sampai ke tulang tulang pertumbuhan bululu baru yang sedang tumbuh.

Darah yang berubah menjadi warna hitam ini adalah yang disebut darah mati, dan ini yang menyebabkan bulu bulu muda yang tumbuh terhenti dikarenakan peredaran darah yang normal berubah menjaid darah berwarna hitam, dan peredaran darah merah terhenti mulai dari ketiak anak burung tersebut.

Terjadi terhenti nya peredaran darah merah ini dikarenakan darah merah tidak dapat memenuhi darah kebutuhan  untuk pertumbuhan bulu bulu dalam jumlah yang besar di semua tubuh nya. Sehingga darah merah terhenti mengalir untuk kebutuhan dimasa pertumbuhan bulu dalam jumlah besar.

 

Disetiap pertumbuhan bulu bulu muda pada anak burumg kaktua membutuhkan sejumlah darah merah, agar pertumbuhan bulu bulu muda dapat selesai bertumbuh dengan baik.

dengan terhentinya peredaran darah merah dan berubah menjadi darah berwarna hitam ,Maka pertumbuhan bulu bulu mudah terhenti dan copot sebelum pertumbuhan bulu bulu itu selesai.

 

Penyebab perubahan darah merah menjadi darah berwarna hitam ini,dikarenakan jumlah darah di dalam tubuh anak burung kakaktua tidak dapat mencukupi untuk kebutuhan pertumbuhan bulu muda yang tumbuh diseluruh badan anak burung kakaktua tersebut, apa lagi kebutuhan darah yang dibutuhkan pada bagian sayap kiri dan sayap kanan pada burung tersebut, belum lagi kebutuhan darah merah untuk pertumbuhan pada buntut dan jambul nya.

Pada bagian ini bulu bulu muda sangat membutuhkan sejumlah darah yang cukup besar. apabila jumlah darah yang ada dibadan anak burung kakaktua tersebut kurang ,Maka darah merah akan terhenti di tengah ,masa pertumbuhan bulu bulu muda tersebut.

 

Dalam masa pertumbuhan bulu bulu muda terutama pada bagian sayap , buntut, jambul. Bulu bulu ini membutuhkan jumlah darah yang banyak, apa bila jumlah sel darah merah mencukupi kebutuhan pertumbuhan hulu tersebut, Maka pertumbuhan bulu muda akan tuntas dengan baik.

 

Penyebab terhenti nya peredaran darah merah pada pembulu darah mulai dari ketiak sampai ke tulang tulang bulu bulu muda tersebut dikarenakan, anak burung kakaktua ini mengalami ANEMIA yang cukup berat sehingga anak burung kakaktua ini kekurangan sel darah merah untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dalam jumlah yang cukup besar. ini yang menyebabkan terhenti nya peredaran darah terhenti mulai dari pembulu darah sekitar ketiak sampai ke pertumbuhan bulu bulu muda nya,.sehingga bulu bulu muda yang tumbuh tidak dapat selesai dan pada copot sendiri.

 

Cara mengatasi agar pertumbuhan bulu bulu muda anak burung kakaktua dapat bertumbuh sampai tuntas dan normal.

* Dengan pemberian makan bubur yang baik dan dilengkapi dengan vitamin dan mineral premix guna keseimbanga nutrisi dalam pakan nya ,Maka pertumbuhan bulu akan sempurna.

 

* Jangan memberikan makan anak burung kakaktua dengan menggunakan bubur SUN.

* Jangan memberikan makan anak burung kakaktua dengan bubur SERELAK  BAYI.

* Jangan memberikan makan anak burung dengan pakan produk import (karena tidak cocok untuk pertumbuhan anak burung kakaktua)

 

Vitamin yang dibutuhkan dimasa pertumbuhan anak burung kakaktua VITAMIN PROACTIVE.

Mineral premix yang dibutuhkan untuk anak burung kakaua GROWTH IN BIRD.

di dalam komposisi Growth in bird terdapat Zinc dan Selenium yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan pada bulu, sehingga pertumbuhan bulu bulu muda di pacu lebih sepat bertumbuh dengan panjang.

Didalam komposisi Growth in bird terdapat Calcium dan phospor yang berfungsi untuk Struktur tulang, sehingga anak burung kakaktua akan lebih cepat bertumbuh besar dan kuat untuk terbang.Growth in bird fungsi utama untuk keseimbangan nutrisi dalm pakan anak burung.

 

* Berikan SANGOBION CAIR disetiap pemberian makan dengan dosis 1 ml sampai 2 ml ( pagi dan sore ).guna pembentukan sel darah merah baru nya agar tidak terjadi anemia.

* Berikan pakan bubur yang cocok untuk pertumbuhan anak burung kakaktua dengan SAKAFO S3.

Didalam komposisi pakan bubur Sakafo S3 sudah dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang sudah di mix di dalam pakan bubur tersebut guna memanuhi kebutuhan keseimbangan nutrisi pakan.

 

Demikian artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman sejak tahun 2015 dalam penyembuhan masalah pertumbuhan bulu bulu anak burung kakaktua, juga pada jenis burung paruh bengkok yang lain., serta dapat dipertanggung jawabkan.

 

Gading serpong : 6 november 2021 : 001:09

Dibuat oleh : ANTONIUS WIJAYA

 

 

 

 

Dilarang keras memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulis dan menghilangkan nama penulis nya, Artikel ini dilindungi dengan undang undang, terima kasih.

 

Peredaran darah yang terhenti mulai di ketiak burung

Terlihat peredaran darah terhenti

dan berubah menjadi

berwarna biru

 

 

Pertumbuhan bulu muda yang terhenti karena terhentinya peredaran darah merah nya

Baby jamkun yang mengalami

anemia dan terhentinya

peredaran darah merah

 

 Baby kakaktua usia 2 minggu

Saat baby jamkun usia 14 hari

dalam keadaan normal

 

terlihat mulai terjadi anemia dan pertumbuhan bulu mulai membiru

BAby jamkun saat terjadi

anemia bulu mulai membiru

 

Bulu bertumbuh lanjut dengan sempurna dan terlihat noda hitam bekas saat kecil  terjadi anemia

Terlihat bekas noda hitam

saat terjadi anemia

 

 

baby kakaktua setalah usia 1,5 bulan semua bulu bertumbuh dengan normal

Semua bulu bertumbuh

dengan sempurna setelah

usia 45 hari

 

 

Cara mengatasi Mengeras nya makanan di tembolok anak burung paruh bengkok

 

 

 

 

brosur sakafo S2

 

 

Brosur sakafo S3

 

Tembolok adalah tempat awal penyimpanan makanan burung paruh bengkok dimana semua makanan yang masuk ditembolok harus dilunakan atau dimekarkan didalam tembolok sebelum masuk kedalam lambung dan usus.

untuk melunakan makan yang berada didalam tembolok diperlukan sejumlah air yang cukup, bila jumlah air didalam tembolok kurang maka sistem pelunakan makanan tidak dapat sempurna dan makanan yang berada di dalam tembolok akan menjadi kering karena air yang berfungsi untuk memekarkan makanan habis serap oleh makanan kering tersebut, sehingga terjadi pengerasan didalam tembolok dan makanan tidak dapat masuk kedalam lambung untuk dicerna, Makanan yang kering didalam tembolok akan menyumbat saluran masuk antara tembolok dan lambung serta saluran dari lambung ke usus, dengan terjadinya penyumbatan saluran masuk kepencernaan burung paruh bengkok, maka bila dibiarkan burung tersebut akan mati.

 

Ciri-ciri makanan yang ditembolok kekurangan air

- Makanan yang kering didalam tembolok karena kurang nya jumlah air maka dapat terlihat dari luar tembolok dengan menggelembung nya tembolok dan bila dipencet tembolok akan terasa keras karena makanan kering (tidak dapat dicerna)

- Anak burung akan selalu terlihat kelaparan yang luar biasa walau terlihat temboloknya masi besar (penuh), karena tidak adanya makanan yang masuk kedalam pencernaan nya karena sejumlah makanan kering menyumbat saluran sistem pencernaannya.

 

Apa yang harus dilakukan bila makanan kering didalam tembolok ?

- Bila sedang memberikan makan anak burung paruh bengkok dengan makanan berupa bubur olahan / makanan yang telah jadi dalam bentuk serbuk kering di oven, maka yang harus diperhatikan adalah bagian tembolok anak burung setelah pemberian makan selama 3 jam kemudian dari pemberian makan, apa bila terjadi pengerasan di tembolok, segeralah memberikan air minum dengan menggunakan air dingin biasa dengan tujuab menambahkan jumlah air didalam tembolok sambil memencet-mencet tembolok yang mengeras karena makanan kering di dalam tembolok hingga terasa tembolok menjadi lunak kembali dengan penambahan sejumlah air untuk melanjutkan sistem pelunakan makanan didalam tembolok yang tadi kering karena kukurangan jumlah air.dan agar makanan yang telah lunak ditembolok dapat mengalir kesaluran pencernaan lambung dan usus burung,

- Bila setelah adanya penambahan sejumlah air dan dalam waktu 2 jam makanan didalam tembolok tetap tidak berkurang jumlah nya, berarti sudah dapat dipaastikan terjadinya penyumbatan disaluran antara tembolok ke lambung atau terjadi juga penyumbatan di saluran antara lambung dan usus.

- Untuk menghindari kematian anak burung paruh bengkok ini harus segerah melakukan penyedotan makanan yang berada di dalam tembolok tersebut.

 

Bagaimana cara menyedot makanan yang ada didalam tembolok anak burung paruh bengkok ?

- Ambil selang penyedot, selang penyedot ini dapat menggunakan selang plastik yang ebrukuran 2m atau 3 mm, atau biasa juga menggunakan pentil sepeda dengan ukuran panjang kira-kira 10 sampai 15 cm (tergantung besar kecilnya anak burung disesuaikan panjang nya kerongkongan)

- Ambil alat spet yang berukuran 10 ml atau 20 ml, kemudin sambungkan selang tersebut keujung alat spet, sebelum melakukan penyedotan dan memasukan selang tersebut kedala mtembolok anak burung, alangkah baiknya selang yang telahj disambung ke ujung alat spet diisi air terlaebih dahulu kemudian baru ,masukan selang tersebut kemulut anak burung dan masukan ketenggorokan atau kerongkongan secara perlahan sambil menekan alat spet agar elang yang terisi air keluar secara perlahan, dengan adanya mengalirnya air dikerongkongan anak burung ,maka anak burung akan merespon untuk menghisap air tesebut, saat anak burung merespon menghisap air yang keluar dari ujung selang penyedot, Segeralah masukan selang tersebut sampai kedalam tembolok, karena disaat anak burung merespon mnghisap terjadinya pembukaan klep penutup antara kerongkongan dan tembolk tersebut dan dengan sangat mudah memasukan ujung selang ke dalam tembolok, kemuidian mulailah menyedot sejumlah makanan ayang berada didalam tembolok.

- Bila terjadi mampat diselang penyedot, segerah pencet kembali dan tarik sedikit selang (mungkin terlalu sampai kedasar tembolok dan kulit tembolok ikut tersedot hingg terjadi mampat pada ujung selangnya ulang)lakukan penyedotan ulang hingga terasa lancar dan makanan masuk ke alat spet penyedot.

Lakukan penyedotan beberapa kali hingga makanan didalam tembolok bersih dari makanan yang tidak dapat dicerna tersebut.

 

Apa yang dilakukan setelah penyedotan makanan dan bersih di dalam tembolok ?

Apa bila pekerjaan penyedotan telah selesai, maka segerah berikan makan kembali anak burung paruh bengkok tersebut. dan pemberian makan ini tidak lagi menggunakan makan yang diberikan sebulum nya, namun berikanlah makanan yang berupa bentuk cair yaitu berikan makanan dengan susu kedelai dengan tujuan agar makanan ynang menyumbat disaluran antara tembolok dan lambung atua pada saluran antara lambung dan usus akan dapat terbuka kembali karena makanan yang kering disaluran pencernaan ikut dijalankan oleh adanya susu kedelai tersbut.

- Tunggu dan perhatikan apakah setelah dengan adanya pemberian makan susu kedeali setelah 1 jam kemudian susu kedelai yang berada didalam tembolok berkurang jumlahnya ?

- Apa bila jumlah susu kedelai berkurang dan tembolok terlihat mengempes kembali, berarti makanan yang menyumbat di saluran pencernaannya sudah ikut mengalir oleh susu kedelai tersebut dan keadaan anak burung paruh bengkok sudah nomal kembali dan sudah dapat buang kotoran dengan normal kembali.

 

Apa yang harus dilakukan setelah anak burung paruh bengkok dengan keadaan normal ?

- Ganti dan stop makanan yang lama nya karena makanan ini sangat-sangat tidak dapat digunakan nuntuk diberikan keanak burung paruh bengkok,

- Ganti dengan makan yang lebih baik yang dapat dicerna dengan baik oaleh anak burung paruh bengkok.

- Jangan selalu berfikir bahwa makanan jadi produk import itu selalu yang terbaik,ternyata banyak produk import yang memetikan anak burung paruh bengkok

- Gunakan produk merek manapun yang kalian anggap terbaik untuk anak burung paruh bengkok tersebut.

Bubur apa yang cocok diberikan pada anak burung paruh bengkok

Bubur yang cocok untuk anak burung paruh bengkok, bila menggunakan bubur jadi buatan lokal maupun import,

harus diperhatikan di saat pemberian makan anak burung, bila bubur tersebut sulit untuk untuk lunak ,maka bubur tersebut akan tetap berdiam didalam tembolok anak burung dan tidak dapat mengalir ke dalam lambung serta usus. dan akan terjadi pengerasan makanan didalam tembolok, dan bila makanan tersebut masuk kedalam lambung maka akan terjadi penyumbatan disaluran antara tembolok dan lambung dikarenakan makanan yang tidak dapat larut dengan air.dan anak burung akan mati.

Bubur yang baik untuk diberikan pada anak burung paruh bengkok adalah bubur yang mudah larut dengan air dan dapat dengan mudah diserap olah lambung dan dicerna dengan baik oleh pencernaan anak burung paruh bengkok.

 

Demikian artikel ini Omparrot buat ,semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para penghobi burung paruh bengkok

Gading serpong
13 Juli ; 05:17 PM
dibuat oleh : Omparrot
Antonius wijaya

 

Dilarang keras memindahkan artikel ini tanpa izin penulis serta menghilangkan nama penulisnya,apa bila terjadi pemindahan artikel ini maka tetap mempromosikan nama penulisnya dan terima kasih.