Penyakit anjing yang disebabkan oleh infeksi virus

penyakit distemper pada anjing | Lumpuh pada kaki anjing

Penyakit Distemper pada anjing ,penyakit menular ini merupakan penyakit yang paling ganas dan mengancam pada anjing selama berabad abad, namun penyakit distemper tidak menular pada manusia.

Penyakit distempar merusak saraf otak anjing

Penyakit Distemper pada anjing adalah penyebab kerusakan sistem kerja saraf otak, merusak sistem saraf gerak.

SARAF-SARAF OTAK ANJING YANG DIRUSAK AKIBAT PENYAKIT DISTEMPER

Saraf yang dirusak akibat penyakit distemper, biasanya pada saraf kaki yang mengakibatkan kelumpuhan pada anjing.

Saraf yang dirusak akibat penyakit distemper, biasanya pada Saraf mata, yang mengakibatkan buta pada mata anjing.

Saraf yang dirusak akibat penyakit distemper, biasanya pada Saraf telingah, yang mengakibatkan tuli pada telingah anjing.

Saraf yang dirusak akibat penyakit distemper, biasanya pada Saraf lidah, Yang mengakibatkan melet pada lidah anjing.

RADIUS PENYEBARAN PENYAKIT DISTEMPER PADA ANJING

Radius penyebran penyakit distemper, Dapat mencakup seluruh dunia dan Penyebab Penyakit distemper ini adalah sejenis virus. Virus ini dapat menimbulkan penyakit distemper apa bila masuk kedalam tubuh anjing melalui persentuhan dengan seekor anjing yang menderita penyakit distemper, Melalui udara atau melalui benda benda mati, penyakit idistemper ni dapat juga hinggap pada srigala, ruba , atau keledai tetapi penyakit distemper ini tidak menular pada kucing, Biasanya penyakit distemper hanya timbul pada anjing yang masih muda yang daya tahan tubuhnya kurang kuat, penyakit distemper ini memiliki angka kematian yang tertinggi, yakni 50% dari 80 % anjing yang menderita penyakit distemper.

KEBERHASILAN SELAMAT PENDERITA ANJING DISTEMPER

Keberhasilan selamat pendetita anjing distemper ini.kemungkinan akan menderita kerusakan permanent pada system urat syaraf, indra penglihatan, penciuman, dan pendengaran atau menderita penyakit paru paru yang kronis.

PENYAKIT DISTEMPER PADA ANJING TUA

Penyakit distemper Pada anjing tua yang daya tahan tubuhnya kurang kuat, penyakit distemper ini juga bisa mengganas.

TANDA ATAU GEJALA DISTEMPER PADA ANJING

Tanda gejala distemper pada anjing, Terutama jika anjing itu memiliki kekebalan tubuh sebagian. .Anjing mungkin agak demam, Anjing selalu gelisah dan anjing tidak suka makan, juga gangguan pada hidung anjing yang sering mengeluarkan ingus, batuk dan radang paru paru serta anjing sering kali mencret.

GANGGUAN SARAF ANJING DISTEMPER

Gangguan syaraf anjing distemper, kejang otot, sawan, kejang gagau dan kelumpuhan.

Oleh karna cepatnya penyakit ini menyebar atau menular, maka seekor anjing yang menderita penyakit distemper harus segera dan secepatnya ditangani untuk mendapatkan perawatan

STADIUM PENYAKIT DISTEMPER PADA ANJING

Stadium penyakit distemper pada anjing dapatdilihat keadaan penyakit yang sudah keluar ingus hijau

Penyakit distemper pada anjing, Biasanya penyakit distemper menyerang pada anak anjing diusia 1 bulan sampai di usia 3,5 bulan. pada usai demikian anak anjing sangat rawan terhadap penyakit distemper.

PENYAKIT DISTEMPER PADA ANJING TERBAGI MENJADI 3 (tiga) STADIUM,

Penyakit distemper stadium 1 ( satu ), Penyakit distemper stadium 2 (dua),Penyakit distemper stadium 3 (tiga).

TANDA TANDA ANJING MENGIDAP DISTEMPER:

Penyakit Distemper pada anjing adalah penyakit yang menyiksa pada anjing,karna penyakit distemper salah satu penyebab kerusakan saraf saraf pada anjing.

Langkah pengobatan penyakit distemper:

Langkah pengobatan penyakit distemper dengan pemberian obat antibiotik doksisiklin dan anti virus

PENGOBATAN PENYAKIT ANJING DISTEMPER STADIUM 1 (SATU)

Pengobatan penyakit Anjing distemper stadium 1 (satu), ini dapat memberikan obat pilek ultraflu atau bodrexin.serta antibiotik yang ringan dengan mengunakan antibiotik amoxilin. (jangan yang generik)

PENGOBATAN PENYAKIT ANJING DISTEMPER STADIUM 2 (DUA)

Pengobatan penyakit Anjing distemper  stadium 2 (dua), harus mengunakan obat antibiotik doxisiclin, serta diikuti dengan pemberian vitamin C dosis tinggi..Untuk antibiotik sudah tidak dapat menggunakan jenis antibiotik Amoxilin lagi, namun sudah berganti tingkat yang lebih tinggi, dengan menggunakan jenis antibiotik Doxiciclin (jangan yang generik).serta pemberiaan obat untuk jamur tersebut dengan mmenggunakan obat Metronidasole.

PENGOBATAN PENYAKIT ANJING DISTEMPER STADIUM 3 (TIGA)

Pengobatan penyakit Anjing distemper stadium 3 (tiga), disini kita manusia hanya berusaha dalam menyembuhkan penyakit tersebut, namun semua ini di tangan yang kuasa. Untuk penyakit Anjing distemper pada stadium tiga ini, ada dua kemungkin ,yaitu hidup atau mati.

Pengobatan tetap dengan pemberian antibiotik Doxiciclin dan untuk vitamin c harus menggunakan yang Injek selama 5 hari berturut. serta diikuti dengan pemberian obat anti virus.

KEJADIAN SETELAH PENGOBATAN PENYAKIT DISTEMPER,

Penyakit Distemper pada anjing adalah penyakit yang menyiksa pada anjing,karna penyakit distemper salah satu penyebab kerusakan saraf saraf pada anjing.

1- Bila anak anjing sembuh dari penyakit Distemper nya, bisa saja anak anjing tersebut, sembuh dengan normal tanpa ada kecacatan.

2- Bila anak anjing tersebut sembuh dari penyakit distemper tersebut, bisa saja anak anjing tersebut mengalami kerusakan saraf otak, seperti yang terera diatas.

Yang harus diperhatikan perawatan pada anak anjing adalah,

Selalu diperhatikan hidung anak anjing sesering mungkin, Petrhatikan dan jangan sampai anak anjing terkena pilek, Perhatikan dan Berikanlah multi vitamin dan mineral untuk stamina anak anjing, Perhatikan dan Jagalah kebersihan dari anak anjing dan tempatnya, Perhatikan dan Jauhkan anak anjing dari anjing yang tidak diketahui kesehatannya,Perhatikan dan berkan Vaccine pada anak anjing di usia 7 minggu dengan .Varvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza type 2, Perhatikan dan berikan Vaccine kedua pada anak anjing diusia 10 minggu dengan ,Varvo, Distemper,Hepatitis,Leptospirosis. dan Parainfluenza type 2, Perhatikan dan berikan Vaccine ketiga pada anak anjing diusia 14 minggu dengan Varvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza type 2,Rabies.

SARAN DARI DARRYLKOSAMBIPET UNTUK PERAWATAN ANAK ANJING:

Saran dari Darrylkosambipet, Jangan biarkan anak anjing anda pilek berkepanjangan yang nantinya menjadikan jamur pada saluran pernafasan yang menjadikan parah pada pilek tersebut, Jangan biarkan anak anjing anda sampai pilek mengeluarkan ingus putih dan yang nantinya sampai mengeluarkan ingus berwarna hijau. Karna kalau sampai terjadi ini berarti penyakit distemper ini sudah mencapai di stadium 3 yang menyulitkan kita untuk mengobati anak anjing.

Demikian artikel ini dibuat dengan sebenarnya, berdasarkan teori dan pengalaman sejak tahun 1997 dan dapat dipertanggung jawabkan.

Antonius : Jakarta 2009-10-02 07:40:15

WA : 6285100155621

Dilarang Keras memindahkan artikel ini pada Web lain tanpa izin penulis, apa bila terjadi pemindahan pada web lain. harap cantumkan sumber pengambilan nya dan tidak mengganti nama penulis. Terima kasih.

(ARTIKEL INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG DENGAN WEB YANG TELAH DIREGESTRASI)

 
 

Penyakit brucellosis pada anjing dan kucing

Tanda tanda pada penyakit brucellosis ini adalah keguguran pada anjing betina yang sedang hamil

Author: Antonius

Tanda tanda pada penyakit brucellosis pada anjing

Tanda tanda pada penyakit brucellosis ni adalah keguguran pada anjing betina yang sedang hamil, sementara pada anjing jantan merupakan infeksi pada testes yang sering kali terjadi dengan pembengkakan kelenjar tersebut, dan dapat juga terjadi pada pembengkakan persendian dan rasanya sangat sakit sekali. Hal ini terjadi baik pada anjing jantan maupun pada anjing betina yang sering kali berlangsung sampai beberapa bulan atau tahun sehingga menyebabkan kelemahan.

Jelas penyakit ini bisa merupakan kegagalan didalam usaha hendak melakukan pembiakan, oleh karma adanya keguguran diwaktu hamil.

Keguguran pada anjing

umumnya paling sering terjadi diantara hari ke 45 dan hari yang ke 55 dalam masa kandungan, Tetapi dapat juga terjadi lebih awal. Sampai sekarang belum dapat dipastikan apakah anak anjing yang terinfeksi sejak lahir dapat disembuhkan sebelum anak anjing itu menjadi dewasa.

Cara penularan  penyakit brucellosis pada anjing

Cara penularani penyakit brucellosis pada anjing ini yang sangat banyak dan paling umum terjadi adalah ikut termakannya jaringan placenta atau apa saja yang dikeluarkan dari vagina pada waktu terjadinya keguguran,yang merupakan sumber utama dari penyebaran penyakit infeksi brucellosis ini. Persentuhan langsung dengan benda benda yang dikeluarkan pada waktu aborsi itu, dapat menyebabkan terkena infeksi dan bakteri itu kemudian berkembang yang umumnya terjadi pada waktu 2 sampai 3 minggu.

Perkembangan bakteri bakteri yang membiak itu sangat cepat sekali,baik terhadap anjing betina maupun pada anjing jantan yang sama mudahnya terkena penyakit brucellosis ini.

Penularan oleh anjing pejantan yang kena infeksi tidak dapat diramalkan oleh karma organisme ini terdapat dalam sperma yang dikeluarkan, hanya antara waktu satu sampai dua bulan sesudah infekasi.

Sesudah waktu ini jumlah organisme yang terkandung berkurang dengan secepatnya, tetapi kuman Bruscella masih tetap berada dalam semen anjing itu paling sedikit selama 60 minggu, dimana kelenjar protate merupakan sumber utama dari bakteri bakteri ini.

Tidaklah diketahui berapa banyak bakteri yang diperlukan untuk menyebabkan infeksi pada anjing betina pada wakru pemacakan dengan anjing pejantan yang terinfeksi.

Kenyataannya penularan penyakit ini karma hubungan kelamin dapat terjadi meskipun jumlah organisme yang dikandung hanya sedikit saja.

Pada anjing anjing yang mengidap kuman kuman penyakit brucellosis ini kelihatannya biasa atau normal saja, sehingga sukar diketahui secara lahiria sehingga terjadilah perkawinan perkawinan antara anjing anjing yang menyimpan kuman kuman itu dengan yang tidak mengidap penyakit itu,tetapi diketahui setelah terjadinya keguguran

Penularan penyakit ini bahkan bisa juga terjadi melalui kontaminasi jarum jarum suntik yang digunakan untuk mengambil darah atau mentransfusi darah dari anjing yang terinfeksi ke anjing yang belum terinfeksi.

Dilarang memindahkan artikel ini pada WEB lain tanpa izin penulis,apa bila terjadi pemindahan pada web lain harap mencantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya, terima kasih.

WA : 6285100155621

(ARTIKEL INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG DENGAN WEB YANG TELAH DIREGESTRASI)

 

kencing tikus penyebab Penyakit Lepto pada anjing

Penyakit Lepto pada anjing adalah penyakit yang sangat mematikan pada anjing,Penyakit Lepto ini biasanya hanya memakan waktu 3 atau 4 hari pada kematian anjing.

Oleh Antonius

Anjing yang terkena virus Lepto harus cepat mungkin untuk mendapatkan perawatan serta pengobatan yang serius.

Karna selain anjing tidak dapat menerima makanan yang di makannya,juga anjing tersebut akan kehilangan Zat elektrolit dari dalam tubuhnya.

Penyakit Lepto ini biasanya menyerang pada anak anjing atau anjing dewasa, namun sebagian besar terjadi pada anak anjing diantara usia 4 atau di 5 bulan.

Anak anjing yang terserang virus Lepto, tidak dapat menerima makannan yang dimakannya, dan akan muntah kembali dalam waktu yang sangat singkat.

Anak anjing akan lemas karena kehilangan Zat elektrolit dikarnakan muntahnya. dan anak anjing tersbut juga tidak dapat menerima apa yang diminumnya, dan akan muntah dalam beberapa menit.

Penyakit Lepto ini disebabkan oleh Kencing tikus yang mengidap virus Lepto.

Kencing tikus adalah penyebab utama penyakit Lepto pada anak anjing

Penularan Penyakit Leptospirosis Pada anjing

Biasanya terjadi melalui Air Kencing anjing anjing yang menderita penyakit infeksi atau disebabkan oleh Bakteri Siprocheta, Tanda Tanda Klinis dihubungkan dengan kerusakan darah, penyakit hati dan ginjal. Demam yang tidak begitu tinggi akan timbul dan anjing anjing itu mungkin akan menjadi Kejang,mendapat Rasa Nyerih Perut, Muntah Muntah, Mencret (Kotorannya Warna Hitam Pekat) serta kongeti pada selaput mata dan mulut.. Selaput mulut memperlihatkan bercak bercak mendarah dalam bentuk akut, Demam kuning atau icterus dapat timbul karena segalah tingkatan kerusakan ginjal, maka kematian mungkin merupakan akibat dari kejang kejang gagau yang ditimbulkan oleh keracunan air kencing pada darah.

Perawatan leptospirosis pada anjing

harus segerah dilakukan jika anda ingin berhasil menolong anjing anjing yang terkena penyakit ini, obat anibiotik dan perawatan khusus terhadap ginjal adalah mutlak diperlukan.

Penyakit ini bahkan dapat menular pada manusia, sehingga andapun harus berhati hati (terutama pada air kencing anjing yang menderita penyakit ini) pada manusia penyakit ini disebut panyakit demam tikus dan dapat menular pada yang tua maupun terhadap anak anak, bahkan juga bias menular pada jenis binatang lain.

Seperti yang berulang kali ditekankan, menjaga tempat makan bagi anjing anjing adalah sangat penting sekali, supaya tetap bersih dan jangan sekali kali ditinggalkan atau dibiarkan begitu saja kalau anjing anjing itu selesai makan. Bekas tempat makan ini sewaktu waktu bisa dikencingi oleh tikus atau anjing itu sendiri, sebab penyakit ini dapat menular melalui sentuhan dengan tikus tukus, sedangkan tikus tikus itu bekas keliaran ditempat anjing anjing yang terkena penyakit ini.Seekor binatang yang kena penularan penyakit ini harus diasingkan, sedangkan anda sendiri atau orang yang mengurus anjing yang terkena penyakit ini harus merawat kebersihan diri dengan baik.

Vaksinasi dapat membantu mencegah penyakit ini menular,sedangkan pada wabah penyakit leptospirosis, anda harus memberikan Vaccine lebih sering bersama dengan metode metode pengobatan lainnya.

Jenis penyakit Leptospirosis pada anjing:

Leptospira Conicola Strain Hond Utrecht.

Lepyospira Grippothyposa strain.

Leptospira Icterohaemorraghiae strain Compenthageni.

Leptospira Pomona strain Kennewicki

Pencegahan penyakit leptospirosis pada anjing :

Pada usia7 minggu dengan .Varvo , Distemper ,Hepatitis , Parainfluenza.

Pada usia 10 minggu dengan Varvo , Distemper , Hepatitis, Parainfluenza , Leptospirosis

Pada usia 14 minggu dengan Varvo , Distemper , Hepatitis, Parainfluenza , Leptospirosis , Rabies.

Dengan cara pem Vaccin nan secara ke tiga ini berarti kita memberikan 3 X Varvo , 3 X Distemper ,

3 X Hepatitis , 3 X Parainfluenza , 2 X Leptospirosis dan 1 X Rabies.

Dengan mem vaccine cara ke tiga ini kita sebut Boster.

sehingga jauh terjadinya penularan terhadap penyakit yang tidak diinginkan dan mematikan pada hewan peliharaan kesayangan kita.

 

Antonius

wa : 6285100155621

Dilarang Keras Memindahkan artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis. Atau menghilangkan nama penulis.

 

Pilek pada anjing penyebab utama distemper

 

Penyakit pilek pada anjing, adalah salah satu penyebab utama penyakit distemper  yang sangat menyulitkan dalam proses penyembuhan dan sangat menyiksa pada anjing tersebut.

Penyakit distemper ini dapat mengakibatkan kerusakan sistem saraf pada anjing yang mengakibatkan ,kelumpuhan pada kaki anjing,Buta pada mata anjing, Tuli pada telinga anjing,Melet pada lidah anjing

Penyakit pilek pada anjing sampai saat ini sangatlah membingungkan dan merepotkan para penyayang anjing sampai saat ini.,dimana pemilik sangatlah dibuat kesulitan dalam hal penciuman anjingnya yang sedang terkena pilek atau flu.

Banyak pemilik anjing tidak mengerti apakah anjingnya sedang pilek atau tidak,dan bagaimana kejadian bila anjing sedang terkena serangan penyakit pilek ?

ANJING MAKAN BERDASARKAN AROMA

Dikarnakan anjing makan berdasarkan aroma makanan,jadi apabila anjing yang sedang pilek, dia tidak bisa mencium aroma makanannya. banyak penyayang anjing mengatakan bahwa anjingnya bosan dengan makanan yang biasanya diberikan setiap harinya (dogfood), bahkan ada yang mengganti makanannya dengan daging kaleng atau daging rebus, ternyata si anjing tetap juga tidak mau memakan makanan daging kaleng atau daging rebus tersebut.

Bila anjing anda terjadi demikian setidaknya pemilik memeriksa keadaan anjing peliharaannya , apakah benar si anjing sedang menderita penyakit pilek, yang mengakibatkan fatal pada penciuman anjing apa bila tidak diobati dengan segera dikarnakan anjing tersebut tidak makan dalam waktu yang panjang.

Apa lagi untuk anak anjing disaat umur 1 bulan sampai umur 5 bulan , anak anjing tersebut sangatlah rawan dalam hal penyakit pilek tersebut,maka hendaknya kita harus selalu waspada terhadap anak anjing yang sedang kita rawat, dikarnakan kondisi anak anjing dalam keadaan masih sangatlah rentan terhadap penyakit pilek/Flu.

PENANGANAN PENYAKIT PILEK PADA ANJING

Apa bila pilek yang masih baru timbul tidak segerah ditangani dengan baik dan berkepanjangan, maka timbullah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas yang disebabkan berkembangnya virus dan bakteri bahkan jamur didalam saluran pernafasan bagian atas sampai mengeluarkan lender putih yang kelamaan menjadi berwarna hijau.

Bahkan timbulnya belekan pada mata yang sedikit berlebihan.

Jika anak anjing sudah dalam keadaan demikian , maka ini pertanda sudah mulai terjangkitnya penyakit distemper

yang bila tidak ditangani dengan segerah menimbulkan kematian pada anak anjing tersebut. Dan biasanya penyakit distemper ini banyak terjangkit pada" anakan berusia diantara 10 sampai 15 minggu"

Jalan keluar yang baik adalah memberikan vaccine anak anjing tersebut disaat umur 7 minggu dengan menggunakan vaccine eurican phppi 2 .yang terdiri dari penyakit varvo ,penyakit distemper, penyakit hepatitis, penyakit parainfluenza type 2.Tapi ingat bahwa dalam memvaccine anak anjing harus benar benar anak anjing dalam keadaan sehat tidak dalam terjangkit penyakit apapun,karna kita memasukan virus kedalam tubuh anak anjing tersebut,Tapi dengan telah di vaccine nya anak anjing tersebut juga tidak menjamin bahwa anak anjing tidak terserangnya penyakit distemper dan penyakit inlfuenza tersebut.dikarnakan faktor kekebalan tubuh belum benar benar kuat atau stabil.

Jalan terbaik adalah kita sebagai penyayang anjing selalu memeriksa keadaan anjing setiap hari agar kondisi anjing selalu dalam keadaan sehat.terutama kondisi penciuman anak anjing ataupun yg dewasa .

Apa bila kita melihat hidung anjing basah berlebihan,kita harus mulai mencurigai keadaan anjing tersebut.

Untuk meyakinkan apakah anjing sedang terserang pilek , maka ambillah senter, Serterlah kebagian dalam lubang hidungnya,

apabila kita melihat keluarnya air bening pada hidung anjing yang berlebihan berarti kita boleh yakin dengan keadaan anjing terserang pilek tersebut.

Maka segeralah memberikan pengobatan terhadap Anjing yang sedang pilek Kesayangan tersebut agar tidak berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan anjing.

Untuk pilek awal seperti ini, cukup kita memberikan obat pilek yang digunakan manusia.(perhatikan pemakaian dosisnya)

Juga di ikuti dengan Obat Anti Alergi yang khusus untuk saluran pernafasan anjing pilek

Berikanlah Antibiotik yang berfungsi untuk saluran pernafasan atas dan bawah.

Berikanlah multi vitamin yang mengandung vitamin C.

 

artkel ini dibuat berdasarkan pengalaman selama sekian tahun dalam merawat anjing sendiri dari anakan sampai dewasa serta dapat dipertanggung jawabkan.

Antonius : Jakarta 2009-10-06 07:36:44

 WA : 6285100155621

 

Dilarang memindahkan artikel ini pada web lain,apa bila terjadi pemindahan artikel ini pada web lain harap mencantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulis. terima kasih

Pilek pada anjing penyebab utama distemper

 
 

Pelajari penyakit hepatitis pada anjing

Penyakit ini merupakan penyakit virus yang akut dan dapat menulari semua jenis anjing tanpa pengecualian, akan tetapi tidak menular kepada manusia, Pada anjing anjing yang berumur lebih dari setahun,lebih dari 50 % yang terkena atau pernah terkena penyakit ini,meskipun dengan angka kematian yang rendah.

OLeh Antonius

Penularan penyakit hepatitis pada anjing dan kucing

Penularan penyakit ini biasanya pada tahap tahap akut melalui air ludah dan kotoran, dan pada tahap tahap lanjut menyebar melalui air kencing. Anjing anjing yang sudah sembuh masih dapat menyebarkan virus penyakit ini melalui air kencingnya sampai beberapa minggu lamanya.

Sementara gejala dari penyakit ini sebagian besar bergantung pada kerusakan yang ditimbulkannya pada .

Dalam tahap yang sangat akut terutama pada anak anak anjing, Virus itu dapat menyebabkan kematian.

Tanda tanda penyakit hepatitis pada anjing

Tanda tanda anjing hepatitis adalah Kegelisahan , Demam , Penyumbatan pembulu darah , pada selaput mata dan mulut, Kurang nafsu makan , Tonsil yang membesar , Pendarahan kecil pada selaput lender dan nyerih perut dibagian belakang tulang rusuk.

Bantuan seorang dokter sangatlah diperlukan untuk mengadakan pengobatan dan perawatan yang secepatnya sebab didalam waktu 1 sampai 3 minggu setelah gejala penyakit ini mulai terlihat,kemungkinan akan mengakibatkan radang pada selaput mata sehingga anjing tersebut menjadi buta dan seterusnya..

SARAN.

Untuk pencegahan penularan penyakit tersebut diatas , sebaiknya kita melakukan pem vaccine nan

Anjing anjing kita sejak di usia 7 minggu ,ke dua di 10 minggu dank e 3 di 14 minggu.

Karna vaccine dilakukan pada semua anjing baik ras asli maupun pada anjing kampong sekalipun.

Janganlah kita dibebani dengan penyakit penyakit anjing yang merepotkan kita, apa lagi sampai yang menularkan kepada kita.

 

Dilarang Keras Memindahkan artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis,apa bila terjadi pemindahan pada web lain harap cantumkan sumber pengambilannya dan tidak mengganti nama penulisnya terima kasih (WEB INI DILINDUNGI DENGAN UNDANG UNDANG)